Cara Ternak Ayam Potong Yang Menjanjikan

Bisnis yang berkaitan dengan ternak makhluk hidup tentunya tidak bisa sembarang dan juga asal-asalan. Anda harus tahu cara ternak ayam potong yang tepat sehingga bisnis anda akan berjalan dengan lancar dan menguntungkan. Semua orang pasti menginginkan menjalankan bisnis yang sangat menguntungkan dan juga dibutuhkan kapan saja.

Salah satu bisnis yang sangat menjanjikan adalah ternak ayam potong. Akan tetapi keuntungan yang menjanjikan tentunya tidak dapat anda peroleh hanya dalam satu malam. Anda harus berusaha dan telaten dalam menjalankan bisnis anda.

Semua orang pastinya tahu apa itu ayam potong atau yang sering kita dengar dengan ayam pedaging. Ayam tersebut diternakkan untukdiambil dagingnya sebagai konsumsi harian. Mayoritas masyarakat lebih memilih untuk membeli daging ayam dibandingkan daging lainnya, hal tersebut terjadi karena harganya yang cocok dikantong dan juga bergizi.

Jika anda pemuda yang pintar memanfaatkan bisnis yang satu ini mungkin akan menjadi pemuda yang sukses. Faktor pendorong terjaminnya usaha ini dapat dilihat dari sisi panen ayam potong yang cukup cepat dibandingkan dengan ayam kampung. Nah berikut tahapan cara ternak ayam potong yang harus anda ketahui sebelum memulai beternak ayam.

  • Minggu pertama saat ayam berumur 1-7 hari

Pindahkan anak ayam yang masih berumur 1-7 hari ke tempat pemanas dan jangan lupa untuk memberikan minum hangat gula pada hari pertama. Pada hari kedua dan seterusnya bisa berikan air biasa. Berikan pakan berupa butiran-butiran kecil minimal 13 gram per ekor atau 1.3 kilogram untuk 100 ekor ayam. Sedangkan untuk vaksinasinya sendiri berikanlah pada hari ke 4.

  • Minggu kedua saat ayam berumur 8 – 14 hari

Turunkan suhu pemanasnya dan berikan pakan 33 gram per ekornya apabila 100 ekor maka pakan yang diberikan sebanyak 3.3 kilogram.

  • Minggu ketiga saat ayam berumur 15 – 21 hari

Saat siang hari matikan pemanas karena suhu yang terlalu tinggi juga akan menggangku kesehatan ayam. Berikanlah 48 gram pakan untuk satu ekor ayam. Lakukanlah vaksinasi kedua pada minggu ini tepatnya menjelang akhir minggu atau hari ke 21.

  • Minggu keempat saat ayam berumur 22 – 28 hari

Hilangkan mesin pemanas lalu cukup berikan pakan sebanyak 65 gram per ekornya.

  • Minggu kelima saat ayam berumur 29 – 35 hari

Berilah ayam pakan seberat 88 gram per ekor. Pada masa ini lakukanlah sempling berat badan idealnya 1,8 hingga 2 kg.

  • Minggu keenam saat ayam berumur 36 – 42 hari

Pada saat ayam berumur 36-40 hari ayam sudah siap untuk dipanen.

Itulah detail langkah-langkah yang harus anda ketahui sebelum memulai bisnis ternak ayam potong. Selamat mencoba.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>